Pengantar Pemograman Web

 Dasar Pemograman Web

Aplikasi berbasis web saat ini telah menjadi hal penting bagi kehidupan modern. Hampir semua sektor dipastikan telah menggunakan aplikasi berbasi web. seperti perdagangan, pendidikan, perbankan dan lainnya. pemanfaatan aplikasi berbasis web telah digunakan untuk mempromosikan, pertukaran informasi, penjualan, pengelolaan keuangan dan sebagainya.

Banyak pertanyaan yang muncul dari para pemula, Dari mana memulai mempelajari web development. banyak sudah para ahli yang membuat roadmap bagaimana menjadi web developer. salahsatunya adalah yang dibuat oleh Kamran Ahmed melalui web https://roadmap.sh/.

sebelum membahas lebih jauh dari mana kita harus memulai, ada beberapa istilah dalam web development yang harus diketahui.

  1. Frontend developer
  2. Backend developer
  3. Fullstack developer

Mari kita bahas satu persatu:

 

1. Frontend Developer

Menjadi seroang frontend developer tentu memiliki tanggung jawab terhadap rancang bangun aplikasi web yang berhubungan langsung dengan pengalaman pengguna. Bagaimana supaya aplikasi yang dikembangkan menjadi aplikasi yang user frendly, responsif dan interaktif tentunya.

Jika merujuk kepada websitenya kamren Ahmed diatas untuk menjadi frontend developer harus memiliki banyak pengetahuan dan skill pemrograman maupun tidak. sebagai pemula jika kita ikutkan alur yang telah dibuat pada roadmap tersebut tentu akan menambah pusing dan membuat kendor semangat untuk menjadi frontend web developer. memang seorang programmer memang harus menjadi pembelajar sepanjang zaman. karena perkembangan bahasa pemrograman setiap saat senantiasa berubah dengan cepat.

Untuk mengurangi kebingungan, mari kita lihat apa yang menjadi minimal requirement untuk menjadi forntend developer. setidaknya untuk dapat membuat aplikasi web di frontend kita harus memulai mempelajari

  1. HTML
  2. CSS
  3. Javascript

 

2. Backend Developer

Pembagian web developer berikutnya adalah Backend Developer. Seorang web developer bertanggungjawab untuk mengelola server, aplikasi dan database agar antara satu dengan ;lainnya dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar. minimal requirement untuk backend developer adalah.

  1. Internet
  2. Basic Frontend [HTML, CSS, JavaScript]
  3. Operating System
  4. Bahasa Pemrograman [PHP,Python, dan lainnya]
  5. Version Control

 

3. Fullstack Developer

Fullstack developer merupakan seorang yang memiliki keahlian sebagai frontend dan backend developer. penguasaan skill yang harus dimiliki juga diambil dari skill kedua bagian tersebut. selain itu fullstack juga harus memiliki soft skill yang mumpuni. karena full stack developer harus berhubungan dengan klien dalam aktivitasnya.

Baik sampai disini kalian seharusnya bisa membuat keputusan untuk menjadi frontend, backend atau malah memilih terjun menjadi fullstack developer..

Pembahasan akan kita lanjutkan..

ketika mengembangkan sebuah website diperlukan banyak disiplin keilmuan dan keahlian. Namun satu hal yang penting adalah memikirkan apa sebenarnya tujuan dari pengembangan aplikasi web tersebut. oleh karenanya seharusnya pengembangan suatu aplikasi berbasis web dimuali dengan rencana proses bisnis yang akan diterjemahkan kedalam aplikasi, pengaturan konten, desain user interface sehingga aplikasi yang dikembangkan benar-benar dapat mencapai tujuannya. Aplikasi berbasis web pada dasarnya harus dikembangkan secara tim. namun kita juga bisa membangun aplikasi web yang besar sendirian jika memiliki keahlian di beberapa bidang, seperti analisis dan desain sistem informasi, pemrograman, database dan desain.

bahagian ini akan membahas disiplin keilmuan yang harus dimiliki oelh seorang web developer.

1. Content Wrangling

Content Wrangling adalah tugas yang terkait dengan konten manajemen sistem, terutama persiapan dokumen untuk diposting di situs web. Menyediakan konten bukanlah hal yang mudah. bahkan ini merupakan hal yang menjadi bagian besar dalam hidup matinya sebuah website. Jika bisa dibilang bahwa spesialis yang diperlukan bagi perkembangan sebuah web adalah pertama Information Architect yaitu yang merancang bagaimana informasi dapat disajikan dengan baik. hal ini berhubungan erat dengan UI/UX dan manajemen konten. yang kedua adalah content strategy. mereka mengatur bagaimana mengatur strategi untuk setiapkonten yang ditampilkan agar dapat merepresentasikan dari setiap tujuan organisasai.

2. Desain

Desain yang dimaksud disini adalah semua desain yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi web. Sepintas desain merupakan hal sepele, namun bagian desain yang interaktif dapat menarik pengunjung dengan signifikan. Tujuan dari desain yang interaktif adalah membuat mudah dalam penggunaan, dan menyenangkan untuk digunakan. berikut akan dijelaskan apa saja desain UI/UX dalam membangun desain interaktif.

 

  1. User research and testing reports
  2. Wireframe diagrams
  3. Site Diagram
  4. Storyboards and user flow charts
  5. Visual (graphic) design

 

User research and testing reports

Memahami kebutuhan, keinginan,dan keterbatasan pengguna merupakan sukses faktor dari pengembangan aplikasi web. metode pengembanganini sering dikenal dengan nama User Center Design (UCD). pengembangan aplikasi web sering dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan pengguna melalui wawancara, observasi untuk menggali permasalahan sehingga nantinya didapatkan solusi melalui sistem yang akan dikembangkan.

Wireframe diagrams

Wireframe diagram menggambarkan secara umum tampilan dari halaman aplikasi berbasis web. tujuannya adalah untuk menampilkan bagaimana pembagian layout, gambaran fungsionalitas dari aplikasi seperti navigasi, form, kolom pencarian, penempatan elemen,pewarnaan, dan jenis font yang akan digunakan. diagram ini harusnya diikuti dengna penjelasan agar tim dapat mengetahui maksud dari diagram dengan jelas. contoh dari wireframe diagram dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Sumber: Learning Web Design, Fifth Edition,Jennifer Niederst Robbins

Site Diagram

Site diagram menunjukkan struktur situs secara keseluruhan dan bagaimana masing-masing halaman berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

D'Win